Rabu, 28 Desember 2011

Cara Pria Merawat Tubuh


Cara Pria Merawat Diri

BUKAN cerita baru jika kaum lelaki kini mulai memerhatikan penampilan mereka. Perawatan pria sudah dimulai oleh Julius Caesar yang telaten merawat tubuhnya.

Perawatan tubuh untuk pria kini tidak hanya terbatas pada pembentukan tubuh, seperti membentuk perut six pack atau lengan berotot. Kini tren perawatan ala kaum adam sudah merambah ke perawatan kulit agar lembut. Pria metroseksual. Itulah sebutan yang biasanya ditujukan pada kaum adam yang gemar merawat tubuhnya.

Malah tak hanya sebatas merawat kulit dengan berbagai produk yang khusus untuk pria, kini para pria pun tak sungkan-sungkan untuk melakukan perawatan di salon- salon kecantikan. Mulai creambath hingga spa. Spa bukan milik kaum hawa, pria pun boleh melakukannya. Meski perawatan yang dilakukan tidaklah sama. Peredaran darah menjadi lancar, kulit bersih, badan pun bugar dan segar.

Ganjen? Bukan! Coba tanya pasangan Anda. mereka pasti lebih suka melihat cowoknya bersih dan tidak berbau ketimbang cowok dekil. Beberapa tahun terakhir ini, House of Ristra mengalami peningkatan dalam menerima pasien lelaki. "Berbanding 2 per 3. Problem mereka macam-macam, mulai keluhan seputar jerawat atau ada juga yang peduli pada pigmentasi dan flek," ungkap dr Sri Hartanti, dokter dari House of Ristra Menteng.

Mereka yang datang berasal dari berbagai kalangan. Memang kebanyakan merupakan pekerja kantoran dengan jam kerja tinggi. Mereka juga dituntut senantiasa tampil prima demi menjaga image pribadi juga perusahaan. Jadi, omongan bahwa perawatan kulit hanya berlaku untuk para esmud (eksekutif muda), ada benarnya.

Namun, sadarkah Anda kaum lelaki, pekerja luar ruangan justru lebih membutuhkan perawatan. Karena berinteraksi dengan matahari, debu, dan polusi. Belum lagi gaya hidup yang tidak sehat, makan sembarang dan merokok.

Sebelumnya, mari mengenal struktur kulit lelaki. Menurut dokter Tanti, tidak ada perbedaan signifikan antara struktur kulit lelaki dan wanita. "Sebenarnya pada prinsipnya kulit wanita dan pria itu sama. karena anatomi kulit manusia sama, terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermin. Organ di dalamnya juga sama. Cuma bedanya ada pada soal hormonal. Pada pria lebih ke hormon androgen, inilah yang merangsang kelenjar minyak lebih aktif," jelas dokter lulusan Universitas Trisakti ini.

Dengan begitu, wajah lelaki memang lebih oily (berminyak) ketimbang wanita. Hormon estrogen yang ada di tubuh wanita pun membantu penghalusan kulit mereka. Keratinisasi pada lelaki cenderung lebih cepat, maka kulit mereka pun lebih kasar dan tebal. Klasifikasi kosmetik bagi kaum lelaki dan wanita dilihat dari kondisi kulit. Buat lelaki biasanya lebih oil free, atau tidak memancing keluarnya minyak. Kulit normal, tidak berminyak tentunya menjadi cikal bakal kulit sehat.

"Biasanya lelaki pun hanya menggunakan sabun pembersih. Ini saja sudah cukup karena lelaki kan tidak menggunakan make up. Bisa ditambahkan juga dengan scrub untuk mengangkat sel kulit mati, hingga kulit terlihat lebih cerah," ulas dokter Tanti.

Radiasi sinar matahari pun ditangkal dengan penggunaan moisturizer juga tabir surya. Jenis kosmetik ini masih tergolong netral dan basic. Ristra sendiri memiliki beberapa produk moisturizer yang terbagi berdasarkan usia. Biasanya lelaki berusia di atas 30 tahun sudah mulai memakai pelembap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar